20131106-184053.jpg

Hari Minggu pagi (3 November 2013), tepat pukul 07.00 saya terbangun dengan mood yang sangat bersahabat karena malam yang menyenangkan di konser Float2Nature. Begitu melangkahkan kaki ke luar tenda, udara sejuk langsung menyapa. Kabut tipis masih menggantung di kejauhan, namun matahari sudah berdiri gagah. Selain ramai oleh suara burung, aktivitas para pegawai Tanakita Rakata yang sibuk menyiapkan kopi, teh, dan sarapan juga turut menyemarakkan pagi itu. Ditambah suara teduh John Denver sayup-sayup mengalun dari pengeras suara di area makan, rasanya sedih membayangkan bahwa saya akan meninggalkan tempat ini nanti siang.

image

Usai sarapan dengan nasi goreng putih, telur mata sapi, mie goreng dan emping sambil menikmati pemandangan lembah di taman nasional ini, terdengar dari pengeras suara pengumuman untuk aktivitas pagi itu. Kali ini saya memilih trekking ke Danau Situ Gunung dan menguji nyali di aktivitas high rope + flying fox.
image

Perjalanan ke danau memakan waktu setengah jam berjalan kaki dengan medan yang cukup ringan. Saya beruntung karena tak sengaja berada di satu rombongan dengan personel Payung Teduh. And they’re quite fun and silly. Saya mendapatkan beberapa fakta menarik tentang personel Payung Teduh dari obrolan kami sepanjang perjalanan: 1. Is, sang vokalis, ternyata penggemar berat Studio Ghibli (me too!); 2. Comi, sang basis, adalah dosen Sastra Inggris di Bina Nusantara.

20131106-184802.jpg

Anyway, danau Situ Gunung ternyata tidak begitu besar, dan tidak senatural yang saya bayangkan, karena rupanya tepian danau ini sudah disemen, dan sudah banyak tempat-tempat untuk duduk-duduk dan berjualan. Tipikal danau wisata di Indonesia. Namun tetap saja lingkungan sekitar danau ini bersih dan pemandangannya menyejukkan.
image

Di kejauhan saya melihat ada Banda Neira sedang asyik nge-jam di tepi danau dikelilingi oleh beberapa peserta Float2Nature lainnya. I don’t know whether Rara and Ananda are dating each other or not, but this quirky couple are so romantic. For a brief moment I kinda wished I’d been there with someone special, hahaha… #curhat

20131106-184415.jpg

Lokasi high-rope dan flying fox ada di rute perjalanan pulang menuju tenda. Saya adalah orang yang suka naik pesawat, tapi selalu gemetaran kalau berdiri di pembatas mall di lantai tertinggi. Itulah mengapa saya merasa perlu untuk menantang diri saya di dua aktivitas outbound ini. Begitu antusias, saya mendaftar di giliran kedua. Setelah mengenakan helm dan perangkat keamanan lainnya, saya mulai menaiki tangga menuju lokasi high rope, di mana saya harus berjalan meniti papan selebar 10cm yang tak hentinya bergoyang dan hanya berpegangan di dua utas tali tambang. Jarak yang harus saya tempuh memang “hanya” 50m, namun jarak ke tanah lumayan tinggi. Di pertengahan, kaki saya mulai bergetar hebat dan rasa panik menyeruak. I seriously wanted to scream out loud. Sang penjaga di ujung akhir titian rupanya melihat saya melemah, dia lantas berteriak, “Jangan lihat ke bawah, ke depan saja! Lihat sini!” Dan saya pun memberanikan diri melangkah dengan lebih cepat. What’s the worst that could happened? Paling saya jatuh bergelantungan di antara pepohonan. Begitu menjejakkan kaki di pos kedua (pos flying fox), saya langsung memeluk pohon. Dari pos ini perjuangan masih berlanjut, yaitu flying fox. But somehow saya tidak begitu khawatir dengan yang satu ini. Dan betul saja, begitu meluncur rasanya senang sekali. I felt so free. Pasrah mengikuti arah luncuran. Hasilnya? Begitu mendarat, saya langsung mengatakan pada tim Rakata Adventure, “Saya mau highrope dan flying fox sekali lagi!”

20131106-184227.jpg

Lelah bermain, kami kembali ke campsite untuk bersih-bersih, packing, dan makan siang. Di wajah semua orang kelihatan sekali bahwa mereka masih ingin lama berada di tempat ini. Tapi apa boleh buat. Waktu sudah menunjukkan pukul satu siang…. Saatnya pulang. Setelah foto bersama dan saling tukar menukar kontak untuk sharing foto (it’s a must!), akhirnya para peserta pun berpisah. Dan pastinya, semua tak sabar untuk ikut kembali di Float2Nature 2014 nanti, yang kabarnya akan berlokasi di tempat yang sama sekali tak terduga.

image

20131106-185311.jpg

20131106-184607.jpg

